7 Marketing Mix Konsep Dan Penerapan Bisnis

7 Marketing Mix Konsep Dan Penerapan Bisnis

Rara
Sabtu, 18 Mei 2019

7 marketing Mix Konsep Dan Penerapan Bisnis

Halo blezmout ! 

Tidak  mempunyai latar belakang yang berpendidikan di bidang marketing hmm bukan berarti kamu tidak hanya ingin. mempelajari tentang marketing saja bukan?

Dengan ada nya jaman era digit ini banyak bantuan dari internet kini kita jug bisa mempelajari semua hal-hal berkaitan dengan marketing pasti nya tanpa harus duduk di bangku kuliah. Salah satu konsep penting untum belajar dalam dunia marketing yang perlu kita pahami adalah marketing mix.

Mungkin kita pernah mendengar apa itu istilah ini di seminar, televisi, atau di surat kabar misal nya, Namun, apakah kita  pernah mempelajarinya lebih lanjut hal tersebut ? nah jika belum, artikel saya ini blezmout akan membahas bahan yang tepat untuk mulai mempelajari konsep marketing mix ini.

Tunggu dulu kita pahami apa itu Maketing Mix ? 

Marketing mix ini ialah beberapa kumpulan variabel marketing yang bisa untuk digunakan mencapai tujuan marketing pada pasar yang ditargetkan saja, begini Istilah yang  pertama kali
dikenalkan oleh Neil Borden, profesor marketing Harvard, pada 1948. 

Saat itu Neil Borden baru saja mengenalkan istilah, tapi belum juga menyusun komponen dalam membuat marketing mix. Pada 1960 tahun silam, Jerome McCarthy baru saja memperkenalkan empat variabel utama dari marketing mix, yaitu product, price, place, dan promotion. 

Dan Marketing mix sudah lama sekali digunakan eh para pemilik bisnis di banyak negara ini hanya untuk menyusun strategi marketing yang efektif untuk dengan sebuah konsep bisnis. Konsep ini dapat digunakan juga baik oleh bisnis yang baru atau pun juga mulai maupun bisnis yang sudah lama berjalan.

konsep Marketing Mix 4P-7P


7 marketing Mix Konsep Dan Penerapan Bisnis

Untuk konsep awal marketing mix adalah bukan hanya mencakup empat elemen saja, pasti dan juga product, price, place, dan promotion. Namun, jika perkembangannya terdapat berbagai banyak modifikasi elemen dari para ahli.

Denga ada nya salah satu perkembangan konsep marketing mix ini yang juga paling banyak dikenal adalah Marketing Mix 7P. Konsep ini sudah lama dikenalkan oleh Booms dan Bitner yang berisi empat elemen 4P ditambah tiga elemen baru, lagi yaitu adalag physical evidence, people, dan process.

Berikut blezmout ulas penjelasan lengkap tentang mengenai tujuh elemen utama marketing mix 7P ini.

1. Product

Produk saja yang akan kita produksi untuk memenuhi kebutuhan orang ?  bisa saja itu dalam bentuk jasa, barang, maupun produk virtual misal nya. pada era digital atau era modern ini banyak produk yang arti nya tidak terbatas pada produk fisik atau masa. kita juga bisa menciptakan produk virtual misal nya seperti website, aplikasi, dan laij sebagai nya.

Dan yang perlu di ingat juga ketika telah menciptakan produk, kita juga harus memproduksi produk tersebut akan menjadi sesuai dengan permintaan (demand) dari pasar tertentu. Karena itulah kita juga sangat perlu melakukan riset pada produk untuk menemukan apa saja yang dibutuhkan pasar pasti nya dan jug solusi apa yang bisa kita tawarkan nanti nya.

Untuk bisa memudahkan kita agar bisa melakukan riset pasar, berikut blezmout ulas beberapa pertanyaan-pertanyaan yang perlu kita jawab nanti nya.

• Apa Saja yang akan konsumen hadapi ?

• Solusi (produk) apa yang bisa kita
   tawarkan ?

• Dan bagimana juga konsumen
  memakai produk yang kita gunakan

• Apa saja keunikan dari produk
  yang kita tawarkan ?

Nah itulah mengapa banyak bisnis yang gagal di tengah jalan karena buruknya kualitas riset pada produk tersebit yang telah dilakukan di awal awal. Banyak pebisnis yang terjebak yang menciptakan produk tidak hanya mengandalkan ide saja tapi juga subjektif, tanpa riset.

2. Price 

Price adalah harga sejumlah uang yang akan dikeluarkan oleh konsumen untuk bisa menggunakan produk kita. Harga yang terlalu rendah juga sangat bisa membahayakan keberlangsungan bisnis kita. pada satu sisi lain, harga yang terlalu tinggi juga akan menyurutkan minat pembeli juga.

Kita sanga perlu menemukan titik yang tepat di mana konsumen akan merasa keberatan dan bisnis kita agar tetap bisa berjalan. Dalam ilmu ekonomi pasti nya dan terdapat istilah begini Break Even Price, yaitu harga yang terkecil yang bisa kita pasang pada produk agar bisnis tidak merugikan.

Untuk kita agar mendapatkan nilai break even price ada pada rumus tersendiri juga lho yaitu.

Total Fixed Cost/Production Volume)+Variable Cost Per Unit = Break Even Price

Total Fixed Coast ' adalah biaya pada keseluruhan pembuatan pada produk. Termasuk juga di dalamnya ongkos material, ongkos tenaga, dan ongkos lain-lain (alat tulis kantor, marketing, dll)

Production Volume '  adalah sebuah jumlah pada keseluruhan produk yang dibuat nanti nya.

Variable Coast Perunit ' adalah sebuah biaya pada pembuatan satu buah produk saja

Apa anda paham ? jadi begini contoh nya

Contoh:

Blog blezmout adalah blog yang menjual jasa artikel misal nya. Biaya keseluruhan (Total Fixed Cost) untuk membuat artikwl adalah Rp3.750.000.000,00. dan blezmout juga akan memproduksi 40.000 konten artikel (Production Volume). Biaya untuk pembuatan jasa artikel adalah sebesar Rp49.000,00.

Break Even Price blezmout. (3.750.000.000/50.000)+49.000

Dan menggunakan rumus di atas, break even price yang didapatkan untuk blog blezmout adalah dengan harga Rp124.000,00

Tapi perlu kita ingat break even price belum ada keuntungan bagi bisnis, jika ingin mendapatkan keutungan lebih kita juga perlu menambah rupiah, karena itu bisnis itu ada untung dan rugi nya.

3. Place

Place adalah tempat atau lokasi fisik pada tempat berjalannya bisnis atau kanal distribusi untuk mencapai bisa mencapai target pasar. Sebuah bisnis juga tenti sangatvmemerlukan lokasi penjualan yang ideal untuk bisa menjangkau para target pasar dengan mudah.

Tujuan Place adalah untuk mencakup kantor pusat, gudang, pabrik, toko fisik, kantor cabang misal nya , hingga toko cabang. kita tidak perlu harus menempatkan kantor pusat, pabrik, dan toko fisik misal nya. dalam sebuah satu lokasi saja, Pilihlah lokasi yang ideal dan bisa mempertimbangkan fungsi dan biaya nya.

Tapi untuk place kini tidak terbatas juga hanya saja pada lokasi fisik. kita juga  pun sangat perlu mempertimbangkan internet sebagai tempat berjualan. untuk tempat menjual produk dan semakin beragam, dari media sosial, marketplace, hingga website toko online lain nya.

Setiap platform berjualan juga di internet punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing pasti nya. Misalnya saja , pada marketplace atau memungkinkan kita untuk bisa menjangkau konsumen lebih banyak lagi. Namun, tapi ada banyak sekali regulasi yang harus kita patuhi dan pembagian keuntungan juga.

Berbeda lagi dengan website toko online misal nya, Anda tidak terikat dengan regulasi apa pun karena kita bisa mengelola website toko online secara mandiri. Keuntungan pun semuanya pasti akan selalu masuk. Ke kantong Anda.

Ya Memang kita harus melakukan semuanya secara mandiri juga, dari membuat produk misal nya hingga juga media promosi. Namun, Anda punya kebebasan yang lebih dan tidak perlu lagi berbagi keuntungan.

4. Promotion

Promotion atau  promosi adalah segala sebuah upaya untuk bisa meningkatkan brand awareness dan penjualan produk. yang kita Promosikan dan dapat dilakukan menggunakan berbagai cara media, dari website, media sosial, atau surat kabar, radio, televisi, digital ads, media online, video online, hingga podcast dll.

Pada era digital ini, kita mau tidak mau, harus bisa menjangkau calon konsumen melalui ranah dunia maya. Baik itu melalui media sosial mungkin, atau trafik organik, digital ads, content marketing, ataupun video marketing dll.

5. Physical Evidence

Physical evidence adalah sebuah bukti fisik yang tidak terbatas pada produk fisik saja. Produk fisik hanyalah sebuah salah satu dari sekian banyak physical evidence lain nya. dan bukti fisik bisa juga berwujud. seperti, bentuk logo, brosur, atau souvenir, akses untuk bisa menghubungi customer service, seragam karyawan, event, dan website resmi lain nya.

Dan seringkali konsumen sangat memerlukan bukti fisik juga kenapa ?
agar semakin yakin untuk memutuskan membeli produk kita atau tidak. Sebagai contoh saja , blezmout adalah penyedia jasa aetikel yang sangat berkualitas dan sangat ramah.

Tentu blezmout tidak bisa memberikan produk fisik saja kepada pelanggan. ya walaupun begitu, blezmout tetap menyediakan physical evidence untuk konsumennya. bahwa bukti fisik juga yang disediakan blezmout yang sangat cukup beragam. Dari souvenir, akses customer service, kerja sama event, hanya contoh saja.

6. People

Maksud adalah sumber daya manusia (SDM) yang menjalankan sebuah bisnis, dari direktur sampai staf. SDM juga, adalah sebuah aset yang sangat terpenting dalam bisnis Anda. Salah nya dalam memilih SDM bisa berakibat fatal juga pada bisnis kita.

Dapat Kita lihat pada infografik 10 top Startup Mistakes, rekrutmen yang buruk adalah sebuah faktor yang kedua terbesar dalam kegagalan sebuah perusahaan rintisan nya. Jadi kita tidak bisa menganggap rekrutmen sebagai proses sepele saja.

Rekrutmen yang buruk bisa saja berakibat buruk pada perusahaan anda atau dalam banyak aspek juga. Pertama, tentu Anda rugi secara finansial bukan ? bukan hanya Proses rekrutmen saja tapi juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit juga jumlah pasti nya untuk menemukan orang yang kompeten. Jika kita merekrut orang yang salah tentu saja biaya rekrutmen tersebut tidak akan menghasilkan apa pun bagi perusahaan.

Dan kedua, merekrut SDM yang salah juga akan sangat berpengaruh terhadap sebuah produktivitas perusahaan. Ada dua kemungkinan juga dalam sebuah hal ini. Kemungkinan pertama, orang yang kita rekrut tidak punya kompetensi yang kita butuhkan. Kemungkinan saja kedua, ininmeskipun orang itu punya kompetensi, perilakunya yang menghambat kerja tim.

Dan yang terahkir, adalah kesalahan yang merekrut SDM juga bisa juga berakibat buruk pada reputasi bisnis kita, yang Terutama apabila orang tersebut hanya saha meengisi posisi yang langsung berhubungan dengan konsumen. tidak adanya kompetensi dan perilaku yang buruk, yang bisa memberikan kesan yang buruk pada juga kepada konsumen yang akan mereka hadapi.

7. Proces

Process adalah sebuah prosedur, pada mekanisme, atau alur yang perlu  kita
lakukan pasti nya kepada konsumen untuk bisa, menggunakan layanan kita untuk lebih mudah, process juga adalah sebuah pengalaman yang konsumen dari awal awal mengetahui produk kita sampai mereka ingin melakukan pembelian.

Dan jadi process ini lah yang bisa dimulai dari bagaimana konsumen bisa mengetahui produk kita, baik itu dari media sosial,l mungkin, atau digital ads, blog, atau media sebaginya. Ketika konsumen kita tertarik untuk bisa membeli produk, ia harus melakukan order dulu, sebelum melakukan Proses dan terus akan berlangsung sampai konsumen menggunakan barang atau layanan yang mereka beli.

Kesimpulan

 Kesimpulan blezmout ini berharap penjelasan di atas bisa dipahami dan sudah cukup menjawab pertanyaan Anda tentang mengenai konsep marketing mix dan penerapannya di bisnis tersebut. jika Konsep ini sangat penting untuk diketahui oleh semua pemilik bisnis, atau termasuk Anda. Dengan begitu Anda bisa saja merencanakan strategi marketing yang lebih matang dan efektif lagi.