5 Alasan Mengapa Blog Penting Untuk Bisnis

5 Alasan Mengapa Blog Penting Untuk Bisnis

Rara
Jumat, 17 Mei 2019

Di Indonesia, juga membuat ide tentang blog bisnis belum banyak umum diterapkan. Apalagi jika dibandingkan dengan beberapa praktik bisnis online di luar negeri juga. Bahkan ada yang bisa dibilang, hanya perusahaan-perusahaan besar saja yang ada di Indonesia yang menerapkan blog pada website. 

Alasan Mengapa Blog Penting Untuk Bisnis

Dan hal ini sebetulnya sangat bisa kita pahami. Bagi sebagian besar pemilik bisnis, setelah membuat blog dan juga mengurusnya dengan pekerjaan yang rumit. Ada banyak juga hal teknis yang perlu kira pelajari dan di terapkan. Selain itu juga, mereka juga perlu sangat perlu sekali memperkerjakan penulis atau sesuatu yang menambah ongkos “produksi”.

tapi meski begitu juga, blog adalah satu elemen yang sangat penting dalam strategi internet marketing pasti nya. Blog juga akan membantu calon konsumen untuk memahami sebuah itur dan kelebihan sebuah bisnis. Di samping itu, juga blog bisa membantu kita untuk lebih mudah ditemukan lagi oleh pelanggan sekaligus juga membangun reputasi bisnis kita. 

dan jika di bandingkan dengan segala kesulitan (pain point) yang bisa kita sebutkan sebelumnya, membuat blog adalah sebuah investasi bisnis yang sangat berguna sekali untuk jangka waktu panjang. Kalau jika Anda membayangkan bisnis yang kita jalani masih terus ada tiga, atau empat, lima tahun kedepan hingga beberapa tahun ke depan lagi, dan pastinya Anda akan di peruntungkan dengan keberadaan blog.

1. Bisa Menyasar Ke Pelanggan Potensial.


Pada dasarnya juga tak ada konsumen yang mau kita  “disuruh” untuk bisa membeli sebuah produk kita misal nya. Itu  juga mengapa, jika Anda harus perhatikan, banyak sekali pungunjung mall yang berusaha keras untuk bisa menghindari salesman di toko tersebut. jika Obrolan seramah apapun dari si sales tersebut takkan jadi menarik juga karena jelas pada tujuan akhirnya adalah untuk menyuruh pengunjung untuk bisa membeli (hard sell).

pada sebaliknya, orang-orang lebih lagi lebih menyukai cara promosi yang lebih baik dan halus atau soft-selling. Berbagai cara untuk harus bisa membangun koneksi dan hubungan  tentang emosional dan lebih dihargai juga. nah dalam beberapa kasus, 

calon konsumen kita bahkan tak sadar bahwa konten yang mereka dinikmati padahal adalah sebuah iklan. Baru di akhir-akhir ini , dan mereka paham tujuan konten itu untuk dibuat, untuk bia mempengaruhi secara halus untuk membeli sebuah produk yang mereka jual atau jasa.

Ketika kita bicara soal soft-selling, internet adalah surganya yakan ?

Mengapa begitu ?

Karena banyak orang telah bergantung pada internet pasti nya untuk bisa mencari informasi yang akurat. dan berdasarkan informasi yang telah mereka cari.
bagi pengguna internet ini bisa jadi calon pelanggan potensial kita untuk sebuah bisnis.

nah sari situ, kita bisa bisa membuat konten blog yang bisa memberikan sebuah informasi bermanfaat pasti nya untuk calon pelanggan kita. Ketika brand kita berhasil memberikan informasi atau solusi yang dibutuhkan oleh mereka, calon pelanggan akan lebih memiliki asosiasi positif pada brand kita pasti nya.


2. Bisa Juga untuk meningkatkan Trafik Website

Untuk Bisnis yang telah memiliki blog rata-rata pengunjungnya telah meningkat hingga 50 persen mungkin. Blog bisnis itu juga pasti nya di atas rata-rata memiliki empat kali halaman dari indeks Google atau mesin pencari.

Lebih tepatnya lagi pada 434 persen. Artinya, ada lebih 434 persen kemungkinan lebih besar bagi para  calon konsumen untuk bisa menemukan bisnis kita. Angka ini jelas sekali jauh lebih tinggi lagi jika dibandingkan dengan bisnis yang tidak memiliki blog.

Selain trafik juga atau dari mesin pencari atau search engine, blog bisnis terbukti telah banyak membantu strategi email marketing misal nya. Menurut sebuah studi, blog bisa membantu trafik dari email hingga 29 persen. jika dibandingkan dengan bisnis yang tidak memiliki blog, di mana trafik dari email hanya -53 persen. 

kita lihat dari statistik artikel di atas, jelas sekali sudah terlihat kalau konten blog merupakan semacam “bahan bakar” untuk email marketing kita. juga sangat logis karena konten yang berkualitas tentunya ajan lebih menarik orang untuk mengkliknya , atau membaca nya.

3. Bisa Meningkatkan Jumlah Lead

Blog bisnis kita tak hanya meningkatkan trafik saja, tapi juga bisa melainkan lead atau prospek. dan Lead adalah merupakan sikap ketertarikkan dari calon konsumen pada suatu brand. Sikap ini bisa wujudkan dalam berbagai macam aksi misal nya.

Contoh nya seeperti berlangganan newsletter, dan bisa mendownload booklet, dan mengisi contact form, membaca konten-konten yang diarahkan, dan sebagainya. 



Telah di tunjukkan pada gambar di atas, bahwa bisnis B2B yang memiliki blog bisa juga  mendapatkan 67 persen tambahan lead dengan dibandingkan yang tidak memiliki blog. Angka yang lebih menakjubkan lagi akan muncul ketika kita mengesampingkan model bisnis yang kita pakai. Hubspot menemukan 2.3000 bisnis kita dan mengalami kenaikan lead hingga 126 persen lagi dibandingkan dengan bisnis yang tidak punya blog.

Meningkatnya para lead berarti semakin banyak sekali calon pelanggan potensial kita. Melalui lead, kita bisa mendapatkan identitas diri para calon konsumen 

(tentunya dengan mendapatakan persetujuan mereka)

dengan tampil nya data tersebut bisa dikumpulkan lagi dan dikelompokkan. 
Dari situs kita bisa juga membuat customer persona atau melihat siapa saja yang akan berminat pada bisnis Anda. 

Anda juga pasti nya bisa memakai data ini untuk melakukan sebuah pengembangan bahwa produk dan layanan. Di sisi lain, Anda bisa juga memakainya lagi untuk mendesain iklan dan promosi yang cocok untuk calon pelanggan misal nya.

4. Bisa Di jadikan Komunitas

Manfaat lain dari blog bisnis juga adalah bisa menciptakan komunitas. hal Ini bisa di dapatkan ketika kita sedang mengaktifkan fitur komentar di bagian bawah konten blog misal nya. Fitur tersebut juga 

memungkinkan para konsumen untuk busa merespons atau menanyakan hal apa yang bisa di pertanyaan terkait bisnis kita. Bisa juga konsumen hanya satu dengan yang lain saling berkomunikasi di dalamnya.

Dan satu sisi lain nya, fitur ini akan sangat membantu sekali jika kita bisa memahami sebuah karakter dan kelakuan para pelanggan. Pemahaman inilah yang penting yang akan menjadi tambahan data berharga juga untuk melengkapi customer persona yang sebelumnya telah kita buat.

Pada satu sisi lain nya , komentar juga akan lebih membantu Anda dari sisi customer service. Dari komentar misal nya, Anda bisa juga mengetahui konten apa yang disukai oleh mereka dan konten mana yang perlu kita buar. dan berdasarkan hal ini, Anda bisa juga.

Menciptakan sebuah konten sesuai dengan kebutuhan. Dalam jangka panjang pasti nya. ini akan sangat membantu sekali dalam.meringankan pekerjaan customer service. Sebab, kita sudah bisa menyodorkan jawaban dari pertanyaan yang sebelum para pelanggan telah dikirim.

5. Bisa Membangun Hubungan Dekat Dengan mereka 

Blog bisnis ini juga bukan hanya soal fitur dan kelebihan saja tapi juga sebuah bisnis. Bukan juga soal hal.problem solving atau tips seputar terkait bisnis kita. dan terkadang, juha blog bisnis juga jadi.

akan menjadi sebua sarana untuk menunjukkan sisi lain padsa sebuah produk  brand. atau Sisi lain itu bisa berarti sisi personal, ramah, menghibur, lucu misal nya.

melalui sebuah blog, anda bisa juha dapat memasang persona sebagai teman. Persona macam itu juga tentu lebih bisa lebih diterima dibandingkan
mengukuhkan persona sebagai institusi, lembaga, atau perusahaan yang kaku.

Dan Selain menghindari persona yang kurang tepat tentu nya, blog yang memiliki personal juga bisa membuat bisnis kita lebih relatable bagi semua orang.

Masalah untuk membuat hubungan yang dekat dengan para konsumen kita, kita juha bisa bereksperimen atau membuat berbagai macam konten. Beberapa yang paling umum misal nya saja. 

yang pernah dipakai adalah liputan acara, fun survey, question and answers (Q&A), checklist, kuis kepribadian, dan banyak lainnya.