12 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Para Blogger Pemula

12 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Para Blogger Pemula

Rara
Minggu, 26 Mei 2019

Ya. namanya juga manusia pasti ada saja kesalahan hmm sudah tidak heran lagi bukan.

12 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Para Blogger Pemula

Justru berkat kesalahan mereka akan semakin berkembang, Belajar dari kesalahan dan lalu bangkit lagi itu yang membedakan antara yang sukses dan yang tidak.

Sebetulnya saya tidak ingin bahas ini dan sepertinya artikel ini juga, sudah banyak yang di bahas tapi tidak apa. mari kita bahas ulang lagi mengenai Kesalahan Blogger Pemula

1. Tidak Fokus

Fokus hmm seperti nya jika bahas hal ini pasti banyak yang tidak fokus, banyak blogger pemula yang tidak fokus karena hanya langsung mengambil topik atau istilah nya, Lifestyle Blogger.
dan semua topik mereka bahas.

Ini bukan masalah fokus pada topik bukan,
ya walapun fokus pada banyak topik juga tidak apa, tapi memang apa bisa bahas topik dalam satu blog ?

Apa kamu bisa bahas semua topik ? pasti nya itu akan buat kamu pusing 
jangan terlalu bahas semua topik, deh fokus saja pada topik yang kamu, Bisa yang kamu Sukai, Bahas satu topik saja 

2. Memakai Template Bawaan Blogger

Saya sudah banyak lihat, blogger pemula di grup maupun di forum pasti ada saja yang pakai template bawaan, bukan tidak boleh tapi silakan saja.

Ini pun hal wajar , dulu saya buat blog juga sering pakai template bawaan pas pertama saya pakai template terus hmm berasa paling bagus, berasa paling indah.

Pertanyaan nya ini, Memangnya pembaca blog kamu akan nyaman berada di blog hanya karena template yang kamu pakai kamu sukai ? 

Tidakkkk

Tidak, semua pembaca nyaman dengan blog kamu, apa lagi blog kamu tersebut memakai template. warna-warni penuh dengan widget tidak penting, di dalam artikel banyak gambar bergerak seperti gif dll

Sepertinya pembaca tidak akan betah berada diblog kamu. karena blog kamu kelihatan kurang profesional kurang rapih.
pasti kamu pingin dong pembaca betah di blog, nah sekarang pakai template yang profesional kalo bisa beli yang premium kamu bisa mencari penjual template digoogle.

3. Selalu Fokus Pada Uang Ketimbang Pada Blog

Uang Siapa yang tidak tergiur dengan uang, memang jika setelah kamu membuat blog kamu akan langsung dapat uang ? enak aja deh.
masalah nya ini, jika kamu hanya fokus pada uang saja dan pastinya kamu akan lupa hal lain nya, entah itu Alexa Rank, Page Views, atau lainnya

Dan pada ahkir nya kamu akan bingung sendiri dan menyesal karena telah melupakan hal penting lainnya, hanya karena fokus pada uang,

Ingat, mencari uang diinternet itu tidak mudah kamu harus lalui perlahan proses nya dahulu, 

4. Tidak Daftar Blog Pada Webmaster Tools

Kalo untuk blogger pemula, webmaster tools seperti nya tidak penting bisa aja itu tidak berguna. Ibarat kamu baru saja menyewa kamar kost tapi kamu lupa bayar kostan kepada yang punya.

Nah itulah betapa penting nya webmaster tools untuk blog kita, agar kamu tidak diusir oleh pemilik kostan, selain menulis kegunaan webmaster tools juga sangat penting

Mengapa Penting ?

Jika ingin tulisan artikel kamu ingin dilihat, ingin dibaca oleh banyak orang kamu terlebih dahulu daftar webmaster tools. seperti yang saya katakan jika tidak ingin di usir oleh pemilik kostan sebaik nya kamu bayar dahulu kamar kostan. daftar webmaster melalui link ini, 
Click Here kamu hanya perlu memasukan alamat link blog saja.

5. Buat Blog Tapi Tidak Langsung Menulis

Ini bukan kesalahan fatal, setelah membuat blog sudah siap dan template blog sudah cantik, tapi mereka tidak langsung menulis.
Kenapa kamu tidak langsung menulis ?
lantas apa artinya blog jika di dalamnya tidak ada tulisan.

Jangan takut tulisan kamu jelek jangan takut tulisan kamu dikritik oleh orang lain, ini hal wajar dulu saya juga merasakan hal tersebut. Mulai sekarang tulislah tulisan yang kamu sukai, entah itu pengalaman hidup entah itu puisi tulis saja apa yang ada di dalam pikiran, semua keluarkan jangan malu menulis hanya tidak ini dikritik oleh orang lain.

6. Tidak Konsisten

Konsisten Adalah ciri-ciri orang yang ingin sukses. Namun, Tak jarang saya menemui blogger yang tidak konsisten
( Termasuk Saya Haha) tapi itu dulu sekarang saya lebih konsisten lagi :) 

Konsisten itu ada beberapa jenis

 • Konsisten menulis banyak blogger yang menulis hanya mengandal mood saja. kadang mereka menulis hanya 1 artikel 1 minggu kadang ada juga yang menulis 3 artikel hanya 3 minggu, ada baiknya kita harus menulis setiap hari jika bisa, ingat menulis itu juga hal yang menyenangkan lho, 

 • Konsisten Dalam Topik, kesalahan blogger menulis topik karena topik tersebut ramai di bahas blogger, kawakan sekalipun sering melakukan kesalahan ini mentang mentang topik itu rame langsung dia tulis 
dan lucu nya lagi padahal topik tersebut tidak dia kuasai, ahkirnya dia pusing sendiri.

7. Yang Penting Nulis

Banyak blogger pemula yanh nulis semaunya tanpa mementingkan para pembaca. Tulisan yang kamu telah tulis belum tentu pembaca pahami, 

Entah itu tulisan yang bemanfaat yang penting nulis, saya tidak peduli ada yang baca atau tidak.

Ya kan atau mas, Harus nulis setiap hari agar tidak malas hmm.

Ya tidak apa-apa sih yang baca tulisan ini bukan hanya kita saja, mulai sekarang menulis pada target pembaca, atau kamu bisa meminta saran kepada para pembaca blog mu, tulisan apa lagi yang akan di bahas diblog, dan langsung kamu buat tulisan tersebut.

8. Tukang Copas

Untuk masalah ini, hmm sepertinya saya juga pernah haha tapi itu dulu, ini juga hal yang wajar untuk blogger yang baru saja mengenal dunia blogging yang sedang mencari jati dirinya.

Tapi mentang-mentang tulisan blogger yang lain enak dibaca dan banyak yang dishare artikel nya, dan kamu copas begitu saja. tapi kalo masalah copas banyak juga blogger yang sudah mengenal dunia blogging tapi masih copas. 

Nah jangan sampai kamu jadi salah satu dari mereka ya, jika tidak ingin disebut blogger kok copas.

9.Promosi Blog Ke 10 Grup Sekaligus

Sangat lucu sekali, lagi dan lagi ini juga pernah saja lakukan, tapi menurut kamu memang setelah kamu share ke 10 grup sekaligus, akan langsung mendapatkan pembaca atau ramai pengunjung ? 

Harus diingat tidak semua pembaca digrup, selalu membutuhkan tulisan mu.
seperti kasus blogger pemula sekarang. yang promosi hanya menggunakan hastag,
yang penting promosi , dan banyak pengunjung, tapi itu ada trik nya saya sudah buat artikel bagimana cara promosi blog yang benar, mungkin kamu mau baca,


10. Tidak Mau Belajar SEO

Jika kita baru mengenal kata SEO itu pastinya akan membuat kita bingung, banyak yang bilang dan mengatakan ngapain sih, belajar seo bikin pusing aja.
padala mesin mesin pencari itu mempunyai banyak sekali trafik, 

Sekarang saya akan mengubah pola pikiran kamu, yang sebelum nya mengatakan belajar SEO " Pusing "  ibarat kamu sedang mengisi cangkir tersebut penuh. nah Pertanyannya adalah bagimana agar cangkir yang penuh tersebut bisa menampung banyak lagi ? 

Pasti kamu akan menjawab ya ditumpahin dong. SALAH !

Pertanyaan yang benar adalah di MINUM, 
kembali lagi ke kaidah jika ingin belajar, Blog, Atau SEO yang pertama kamu lakukan adalah menyerap ilmu tersebut sampai mahir, memang nya mau ilmu blog kamu kamu itu tiba-tiba saja hilang, karena hanya di baca tapi tidak di serap. 

Kamu bisa belajar seo pemula, yang pernah saya buat, mungkin bisa dibaca.


11. Berkomentar SPAM

Pasi kamu sering nih, melihat postingan terbaru dari blog orang lain mungkin.
yang berkomentar. Pertama Gan , Oh Oke Gan Bermanfaat, Bagus Gan, 

Ya banyak yang beranggapan bahwa berkomentar pertama itu adalah SPAM, Kenapa ? karena dia caper ( Cari Perhatian)
hanya ingin komentar pertama dibaca oleh pemilik blog, tapi sebaliknya padahal pemilik blog tidak ingin membaca nya atau pun membalasnya.

Karena komentar mu tidak ada hubunganya, dengan isi tulisan, Buat kamu yang suka spamming STOP sekarang juga
jika kamu berkomentar di situs lain dan komentar mu dibilang bermanfaat oleh pemilik blog, kemungkinan pemilik blog akan berbaik hati memberimu link aktif blog mu, pada blog tersebut

12. Hanya Fokus Pada Adsense

Ya adsense adalah ladang bagi blogger yang ingin menghasilkan uang melalui adsense.
banyak blogger pemula yang baru pertama diterima adsense langsung fokus pada adsense. 

Pada ahkir nya mereka bosan bagimana, cara bisa mendapatkan ribuan dollar dari adsense, Dan berapa trafik blog mereka.
dan apakah mereka mempunyai 1 blog

Tapi masih banyak cara menghasilkan dollar dari adsense kok, Sekarang tidak usah terlalu fokus pada adsense, nanti akan saya buat juga tentang artikel, menjadi publihser adsense yang benar, 

Kesimpulan...

Mungkin itu 12 kesalahan blogger, ya memang kesalahan itu hal yang wajar agar kita bisa belajar menjadi pribadi yang baik.
dan kita harus bisa memperbaiki kesalahan tersebut. 

Dan saya sendiri juga bukan orang yang sempurna, masih banyak juga salah dalam hal ngeblog saya ini. Tulisan ini bertujuan untuk belajar buat diri sendiri juga. Kalau kamu sendiri gimana? Ada kesalahan yang pernah kamu lakukan nggk ?